• Thu, Aug 2025

Pemprov Riau dan Sejumlah Kabupaten/Kita Terima Penghargaan Pelayanan Publik

Pemprov Riau dan Sejumlah Kabupaten/Kita Terima Penghargaan Pelayanan Publik


PEKANBARU, SERANTAU MEDIA - Pemerintah Provinsi (Pemprov Riau) beserta beberapa kabupaten/kota lainnya mendapatkan penghargaan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024. 

Selain Pemprov beberapa kabupaten/kota juga memperolehnya, yakni, Kabupaten Kuantan Singingi, Bengkalis, Indragiri Hilir (Inhil), Rokan Hulu (Rohul), Siak, Kampar, Indragiri Hulu (Inhu), dan Kota Pekanbaru. 

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PANRB), Purwadi Arianto yang didampingi oleh Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur, kepada kepala daerah atau yang mewakili. Acara ini berlangsung di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Kamis (7/8/25). 

Atas pencapaian tersebut, Zulkifli menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam mendorong perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Bahkan ia mengaku siap bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, melayani, responsif, dan berpihak kepada masyarakat. 

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah, semoga ini menjadi awal menuju pelayanan publik yang semakin merata, dan semakin berkualitas dirasakan oleh masyarakat, " harapnya. 

Pada kesempatan itu, Zulkifli juga menjelaskan kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2024 yang dipandang relevan dengan reformasi dan pelayanan publik, diantaranya pertama, indeks kepuasan masyarakat mencapai 86,11 dengan kategori Baik. 

Kedua, indek pelayanan publik meningkat menjadi 4,12 dengan kategori Sangat Baik. Ketiga, Provinsi Riau berhasil meraih posisi 5 besar nasional dalam kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dengan nilai 96,47 yang menempatkannya dalam kategori A (zona hijau). Keempat, indek reformasi birokrasi (RB) memperoleh nilai 83,97 kategori Memuaskan. 

"Capaian ini tentu menjadi modal awal yang baik, namun bukan alasan untuk kita berpuas diri. Kami percaya proses perbaikan harus terus berlanjut, " pungkasnya. ***