• Sat, Aug 2025

BP Batam Siapkan Fasilitas dan Layanan Maksimal untuk Arus Mudik Lebaran

BP Batam Siapkan Fasilitas dan Layanan Maksimal untuk Arus Mudik Lebaran

Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi terkait telah mendirikan Posko Angkutan Lebaran di seluruh pelabuhan.


BATAM | SERANTAUMEDIA - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan fasilitas dan layanan maksimal untuk memastikan arus mudik lebaran 2025 di pelabuhan berjalan lancar.

Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi terkait telah mendirikan Posko Angkutan Lebaran di seluruh pelabuhan yang dilengkapi dengan pusat informasi, layanan kesehatan, ruang tunggu nyaman, serta petugas pengamanan dan kebersihan yang siap membantu penumpang.

"Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran angkutan lebaran, termasuk menyiapkan langkah mitigasi untuk menghadapi arus mudik yang diprediksi meningkat," ujarnya, Jumat (28/3/2025).

Sebagai langkah antisipasi, kata Dendi, operator kapal juga telah menambah armada dan menyesuaikan jadwal keberangkatan, terutama untuk rute-rute dengan permintaan tinggi seperti Tanjungpinang, Tanjung Batu, Tanjung Balai Karimun, dan Dumai.

"Pada periode lebaran tahun ini juga tersedia rute baru dari Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur menuju Pancur, Lingga, yang dilayani oleh Kapal Oceanna 9 setiap hari pukul 09.30 WIB," ujarnya.

Selain itu, BP Batam juga terus mendorong penerapan digitalisasi layanan pelabuhan dengan sistem e-ticketing di Terminal Ferry Domestik untuk mempermudah pemesanan tiket dan mengurangi antrean di loket, terutama pada saat peak season seperti mudik lebaran.

"Pemesanan tiket kapal dapat dilakukan melalui berbagai platform digital, seperti website tiketkapal.com, easybook.com, serta aplikasi perbankan digital Livin’ Mandiri," terangnya.

Penulis: Irvan Fanani